Festival Nasi Bungkus Nusantara akan Digelar di Jakarta

Jakarta – Pecinta kuliner nusantara patut berbesar hati. Indonesia akan menjadi tuan rumah salah satu acara kuliner terbesar di dunia. Uniknya lagi, makanan yang menjadi bintang dari pagelaran ini adalah nasi bungkus.

Tentunya sobat 7k akrab dong dengan nasi bungkus? Masakan berupa nasi dengan lauk, sayur, dan sambal yang dibungkus dengan kertas coklat ini dapat ditemukan di seluruh nusantara. Baik saat acara-acara besar di luar ruangan maupun saat kita memesan makanan take away dari warteg dan warung Padang.

Nah, Jumat minggu ini (4 November 2016), Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia bekerjasama dengan Forum Pembungkus Indonesia (FPI), akan mengadakan Festival Nasi Bungkus 2016 di Jakarta. Acara ini akan menyajikan berbagai kreasi nasi bungkus dari pelosok Indonesia, guys.

1b5a3-3

Barisan nasi bungkus (foto: IDNtimes.com)

Kalau biasanya lauk nasi bungkus berupa tahu, tempe, telor, ayam, dan sayur, di acara Festival Nasi Bungkus kamu bisa mencicipi nasi bungkus berisi masakan khas nusantara, mulai dari Aceh sampai Papua. Kerennya lagi, ada juga nasi bungkus fusion, yaitu jenis nasi bungkus yang dipadukan dengan kuliner luar negeri.

Contohnya ada nasi bungkus KaFir (nasi bungkus dengan lauk kacang-kacangan disajikan dengan saos berbahan dasar kefir), nasi bungkus AnTiCina (dimasak dengan jintan, daging itik dan petai cina), nasi bungkus teriyaki green tea, nasi bungkus oolong, dan banyak lagi. Yummy! Kayaknya enak-enak banget!

Nasi bungkus ukuran kecil akan disediakan gratis sebagai tester. Kalau ingin kenyang, nasi bungkus ukuran normalnya juga disediakan untuk dijual. Harganya berkisar antara 8 ribu sampai 35 ribu rupiah. Terjangkau banget kan?

Kalau biasanya acara kuliner diadakan di satu tempat statis, acara ini akan diadakan sekaligus acara gerak jalan! Wah, jadinya nggak perlu ragu kalau mau mencoba macam-macam nasi bungkus ya, karena kalorinya sudah dibakar duluan, hehe.

Jalur festival akan bermula di kantor Bareskrim (gedung Kementrian Kelautan dan Keikanan) di Jl. Merdeka Timur, menuju M.H. Thamrin, Sudirman, hingga acara puncaknya diadakan di depan Istana Merdeka. Acara gerak jalan akan dimulai pukul 10.45 pagi. Atau kalau ingin mencicipi nasi bungkusnya saja, sobat 7k bisa datang mulai jam 1 siang hingga jam 6 sore di Istana Merdeka.

Tapi kalau ikut aksi gerak jalannya, sobat 7k berkesempatan mendapatkan hadiah partisipasi lho! Uang tunai sebesar 200 ribu rupiah bisa sobat dapatkan jika mengikuti rangkaian acara secara lengkap. Ups, tapi jangan lupa registrasi dulu, guys! Kalau nggak ya nggak dapat, hehe.

Jangan takut nggak kebagian karena rusuh. Kapolri sudah siap membantu mengerahkan aparat untuk membantu menjamin ketertiban acara. Nah, jadi jangan ragu lagi! Siap untuk menikmati berbagai nasi bungkus?

 

(rak/cla)

Leave a comment